Pertolongan Pertama ISPA Pada Anak

Pada artikel lain disebutkan gejala-gejala ISPA, Antara lain Demam, Nyeri tenggorokan, Pilek dan hidung mampet, Batuk kering dan gatal, Batuk berdahak serta sesak napas.

Sebagai orang tua tentu kita harus mengenali gejala umum diatas, Hal ini agar sebagai orang tua kita bisa mengambil keputusan yang tepat.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan orang tua terhadap anak yang terkena ISPA
ISPA yang disebabkan oleh virus sebagian besar akan sembuh dengan sendirinya, Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh anak itu sendiri. 

Jika anak demam, Anda bisa menyeka atau mengkompres tubuhnya dengan air hangat, Atau memandikan dengan air hangat. Hal ini untuk mebuatnya lebih nyaman. Bila demam cukup tinggi, Saudara bisa memberinya pereda demam atau panas yang aman, Semisal parasetamol.

Ingat, Tidak dianjurkan untuk memberikan aspirin pada anak dengan ISPA akibat virus, Sebab obat ini akan bisa merusak fungsi hati ( Liver ) sehingga akan menimbulkan sindroma reye ( Sindroma yang disertai dengan kemunduran fungsi hati ).

Pastikan juga anak banyak minum, Sehingga lendir disaluran napas tidak kental dan mudah dikeluarkan. Menurut banyak penelitian, Pemberian obat batuk pilek pada anak dibawah 6 tahun ternyata tidak memberi manfaat, Malah berisiko menimbulkan efek samping obat.

Kapan kita harus kedokter?
ISPA pada anak karena virus, Meski sebagian besar akan membaik dengan sendirinya, Tetap perlu mendapat perhatian terhadap terjadinya komplikasi. 

Jika anak tampak sesak, Bernapas dengan cepat disertai terlibatnya berbagai otot tambahan ( Seperti hidung kembang kempis, Atau dada dan perut tertarik ), Segera periksakan kedokter. Dan akan lebih baik jika diperiksa dokter dirumah sakit. 

Demikian artikel kesehatan dari Tip Info Koe dengan tema pertolongan pertama pada anak penderita ISPA. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa kunjungi artikel menarik lainnya dibawah ini;

Popular posts from this blog

Kenapa Foto Pamela Safitri Bisa Beredar Dan Bikin Heboh?

Cara Mengobati Batuk Dengan Obat Batuk Tradisional Gula dan Tape ( Pengalaman Nyata )

Kisah Mistis Batu Akik Yang Mencari Pasangannya ( Misterius Dan Nyata )

Manfaat dan Kasiat Buah Pear Untuk Kesehatan

Obat Sakit Gigi Herbal Dari Tanaman Sawah dan Cara Pengobatannya