Pengertian ISPA, Gejala ISPA dan Upaya Pencegahan ISPA

ISPA ( Infeksi Saluran Pernapasan Akut ), Secara garis besar, ISPA dibedakan menjadi common cold dan influenza. Penyakit ini sering muncul pada musim pancaroba akibat sirkulasi virus diudara yang meningkat.

Gejala ISPA
Bervariasi, Mulai dari demam, Nyeri tenggorokan, Pilek dan hidung mampet, Batuk kering dan gatal, Batuk berdahak, Dan bahkan bisa menimbulkan komplikasi seperti pneumonia ( Radang paru ) dengan gejala sesak nafas.

Umumnya, Influenza dikaitkan dengan gejala yang lebih berat dan lama, Serta lebih sering menimbulkan komplikasi pneumonia. Pada bayi, Bisa pula timbul bronkhiolitis ( Radang disaluran pernapasan halus di paru-paru ) dengan gejala sesak dan nafas berbunyi ngik-ngik.

Selain itu, Bisa pula terjadi laryngitis ( Peradangan pada daerah laring atau dekat pita suara ) yang menimbulkan croup dengan gejala sesak saat menarik napas dan batuk menggong-gong ( Barking cough ).

Apakah ISPA menular?
Virus penyebab ISPA sangat menular. Penularannya bisa terjadi akibat sikecil menghirup droplet atau percikan lendir yang dikeluarkan oleh penderita ISPA. Jadi selalu biasakan anak untuk menutup mulut dan hidungnya saat batuk dan pilek.

Apakah ISPA bisa dicegah?
Penyakit infeksi menular sebenarnya bisa dicegah. Secara umum, Menjaga daya tahan tubuh anak bisa dilakukan dengan cukup istirahat, Makan-makanan bergizi, Dan minum yang cukup.

Untuk mencegah influenza, Si kecil bisa diberikan vaksin influenza. Namun ISPA akibat virus lain tidak bisa dicegah oleh vaksin ini. Cara lainnya adalah dengan mengajari anak mencuci tangan untuk meminimalkan kontak dengan virus penyebab ISPA.

Demikian artikel kesehatan dari Tip Info Koe dengan tema Pengertian ISPA, Gejala ISPA dan Tindakan terhadap ISPA. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.  Saudara juga bisa kunjungi artikel kesehatan dan kecantikan menarik lainnya dibawah ini;

Popular posts from this blog

Kenapa Foto Pamela Safitri Bisa Beredar Dan Bikin Heboh?

Cara Mengobati Batuk Dengan Obat Batuk Tradisional Gula dan Tape ( Pengalaman Nyata )

Kisah Mistis Batu Akik Yang Mencari Pasangannya ( Misterius Dan Nyata )

Manfaat dan Kasiat Buah Pear Untuk Kesehatan

Obat Sakit Gigi Herbal Dari Tanaman Sawah dan Cara Pengobatannya