Manfaat Kurikulum 2013 Dalam Mengenalkan Internet Secara Dini Kepada Anak

Kurikulum 2013 adalah sesuatu yang baru dalam dunia pendidikan Indonesia. Kurikulum 2013 diterapkan dibeberapa wilayah di Indonesia dari tingkat sekolah dasar sampai jenjang yang lebih tinggi.yaitu SMTA ( SMA ).

Dalam artikel ini saya akan share pengalaman saya sebagai orang tua yang mempunyai anak dimana saat ini sedang duduk ditingkat Sekolah Dasar ( SD ) kelas IV. Anak saya sekolah di SD N 2 Krajan yang berada di Wilayah Kabupaten Klaten.

Apa yang akan saya bagi pada artikel tips dan info sekarag berhubungan dengan PR ( Pekerjaan Rumah ) dari anak saya yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru di Sekolah.

Tidak jarang anak saya ( Cleo ) Mendapat PR dari sekolah yang untuk mengerjakan atau menjawab diperlukan jaringan internet. Dan ini memerlukan perangkat yang bisa mengakses internet. Kebetulan kami memiliki sebuah netbook yang dengan modem bisa mengakses internet dari rumah.

Dengan sering melihat saya mengakses internet, Anak saya sekarang sudah lumayan bisa dalam menggunakan tehnologi ini. Tapi kadang anak saya mendapatkan kendala saat memasukkan kunci penelusuran di mesin pencari Google. Masalah bukan pada Google tapi pada kata kunci yang dituliskan oleh anak saya.

Pernah saya membantu anak saya, Hasilnyapun tidak maksimal. Dan akhirnya ketemu jawaban yang tepat setelah kami mencoba beberapa kunci penelusuran.

Kurikulum 2013 secara tidak langsung sudah memaksa saya untuk mengajari anak saya tentang internet. Dan ini saya anggap sesuatu yang baik. Karena anak saya jadi bisa mengenal dan memanfaatkan internet dalam memperlancar sekolahnya. Sebagai catatan, Saya atau Istri saya selalu menunggu saat anak saya menggunakan jaringan internet.

Bagaimana bagi anak dan orang tua yang tidak mengenal atau memiliki perangkat untuk mengakses internet?
Mungkin ini salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Jika hal ini terjadi, Maka akan ada biaya tambahan untuk ke warnet, Apakah sudah selesai setelah sampai warnet?, Tentu belum. Karena untuk menggunakan internet harus mempunyai pengetahuan tentang internet. Bagaimana jika orang tua juga masih awam terhadap internet?.

Untuk hal diatas, Tentu strategi dari guru akan sangat membantu anak didik dalam memperlancar proses belajar . Ini cara Bapak dan Ibu Guru di Sekolah anak saya dalam mengatasi hal diatas.

Bapak dan Ibu Guru membuat group belajar kelompok. Dimana salah satu anggota dipilih yang mempunyai perangkat untuk mengakses internet. Jadi tugas tetap bisa dijalankan dengan baik oleh murid. Dalam hal ini peranan orang tua untuk mengawasi anak saat menggunakan internet sangatlah penting.

Diakui atau tidak, Kurikulum 2013 secara tidak langsung sudah berperan dalam mengenalkan internet secara dini kepada anak. Dan diakui apa tidak, Kedepan internet akan menjadi kebutuhan dalam hidup manusia. Jika kurikulum 2013 distop, Mungkin harus diadakan mata pelajaran khusus untuk mengenalkan internet secara dini kepada anak ditingkat sekolah dasar. 

Demikian artikel dari Tip Info Koe dengan tema peran kurikulum 2013 dalam pengenalan internet secara dini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Saudara juga bisa kunjungi artikel menarik dibawah ini;

Popular posts from this blog

Kenapa Foto Pamela Safitri Bisa Beredar Dan Bikin Heboh?

Cara Mengobati Batuk Dengan Obat Batuk Tradisional Gula dan Tape ( Pengalaman Nyata )

Kisah Mistis Batu Akik Yang Mencari Pasangannya ( Misterius Dan Nyata )

Manfaat dan Kasiat Buah Pear Untuk Kesehatan

Obat Sakit Gigi Herbal Dari Tanaman Sawah dan Cara Pengobatannya